“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Matematika Dalam Bahasa Inggris

Dalam percakapan sehari-hari kita sering terlibat dengan perniagaan. Apalagi para ibu-ibu yang sering pergi ke pasar untuk tawar menawar dengan pedagang. Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari, kata-kata yang mengandung penjumlahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian sering kita ucapkan. Dalam dunia pendidikan misalnya, para guru atau dosen yang mengajari matematika pasti terlibat dengan operasi-operasi matematika tersebut.

Operasi matematika tentu tidak lepas dengan angka. Jika kita amati, ternyata penyebutan bilangan dalam bahasa Indonesia lebih panjang daripada bahasa Inggris. Seandainya diadakan lomba menghitung antara dua orang yang menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pastilah orang yang menggunakan bahasa Indonesia akan kalah telak. Untuk menyebut satu angka saja pada bahasa Indonesia menjadi lama karena suku katanya yang banyak. “Satu, dua, tiga, … , delapan, sembilan, sepuluh!” “One, two, three, … , eight, nine, ten!”

Kembali pada tajuk utama, operasi-operasi dasar matematika dalam bahasa Inggris ternyata cukup singkat dan mudah diingat. Antara lain: addition (penjumlahan), subtraction (pengurangan), multiplication (perkalian), dan division (pembagian). Contoh:
  1. 1 + 2 = 3
    One plus two equals three. (addition)
  2. 3 – 2 = 1
    Three minus two equals one. (subtraction)
  3. 2 x 3 = 6
    Two times three equals six. (multiplication)
  4. 4 : 2 = 2
    Four divided by two equals two. (division)
equals adalah verb (kata kerja). Kebanyakan orang melakukan kesalahan dengan tidak menyertakan “s” di belakang kata “equal.” Mungkin karena mereka mengira kata “one plus two” adalah plural. Ternyata tidak, kata tersebut adalah singular.
Here are some other ways we say these things:
  1. 1 + 2 = 3
    One and two is three. (addition)
  2. 3 – 2 = 1
    Three less / teke away two is one. (subtraction)
  3. 2 x 3 = 6
    Two times three is six. (multiplication)
  4. 4 : 2 = 2
    Four into two is two. (division)

Source: http://letspeakenglish.info/2012/05/22/operasi-dasar-matematika-dalam-bahasa-inggris/
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter