“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Perkembangan Bahasa Inggris (Info)

Bahasa Inggris selalu berubah. Jutaan orang di seluruh dunia berbicara bahasa inggris. Setiap hari, banyak inovasi dan penemuan baru yang bermunculan baik di bidang musik, teknologi, olahraga dan lainnya. Kata-kata yang panjang dipersingkat dan akronim baru ramai digunakan oleh khlayak umum. Para remaja ABG pun bermain dengan bahasa dengan menciptakan berbagai kata dan ungkapan baru. Kata-kata lama juga mulai ditinggalkan orang. Bersamaan dengan dunia yang terus berubah, bahasa Inggris pun ikut mengalami perubahan.

Slang
Slang (baca: slæng) merupakan ekspresi bahasa Inggris yang tidak baku atau lebih sering disebut dengan bahasa gaul di Indonesia. Penggunaanslang umumnya tidak ditemukan dalam wacana formal – baik untuk penulisan maupun pengucapan – tetapi orang-orang umum menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari. Sejumlah slang hanya populer untuk masa yang singkat. Sejumlah slang lainnya hanya digunakan oleh sekelompok kecil orang. Tetapi umumnya, untuk dapat mengerti film-film berbahasa Inggris dan percakapan santai dengan teman di kantor atau sekolah, sangat penting bagi Anda untuk mengerti arti berbagai slangpopuler. Saran saya, dengarkanlah berbagai slang yang sedang populer dan cobalah menggunakannya dalam kalimat Anda sehari-hari.
Kelompok yang berbeda menggunakan slang yang berbeda pula. Berikut contohnya:
  • Slang Amerika: “What’s up, dude?”
  • Slang Inggris: “Alright?”
  • Slang Australia: “G’day, mate!”
  • Slang umum: “How’s it going?”
Idiom
Idiom adalah suatu frasa yang artinya berbeda dengan arti dari kata yang menyusunnya. Berikut ini adalah beberapa contoh dari idiom:
  • “sure thing”: ungkapan yang diucapkan bila Anda menyetujui permintaan seseorang.
  • “your John Hancock”: tanda tangan Anda.
  • “can’t boil an egg”: tidak bisa memasak.
Banyak orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris mencoba untuk mempelajari idiom. Sayangnya, idiom seringkali cepat menjadi kuno dan orang-orang pun tidak menggunakannya lagi. Idiom yang sudah lama terdengar aneh bila diucapkan. Maka itu, gunakanlah idiom yang masih populer atau tanyakan kepada penutur bahasa Inggris asli bila Anda tidak yakin.

Kata-kata baru
Pertanyaannya: Kapan suatu kata benar-benar menjadi kata? Jika suatu kata digunakan untuk waktu yang lama oleh banyak orang, Anda dapat menemukannya di kamus. Sejak Merriam-Webster menerbitkan Collegiate Dictionary untuk pertama kalinya di tahun 1898, setidaknya sekitar 100.000 kata baru telah ditambahkan. Pada tahun 2005, edisi terbaru Collegiate Dictionary dari Merriam-Webster telah diterbitkan. Edisi terbaru ini memiliki lebih dari 100 kata baru.
Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun sebelum akhirnya suatu kata baru dapat dimasukkan ke dalam kamus. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena kamus baru tidak sering diterbitkan. Kebanyakan kamus yang ternama, seperti Oxford English Dictionary, memiliki versi online. Kata-kata baru dapat ditemukan di kamus online jauh sebelum kata-kata tersebut dicantumkan di dalam kamus edisi cetak. Contohnya, kata-kata seperti “internet”, “chat room” dan “browser” telah ada di dalam versionline Oxford English Dictionary beberapa tahun sebelum kata-kata tersebut dimuat di edisi cetaknya.
Pertanyaan berikutnya, siapa yang menentukan apa yang dicantumkan di dalam kamus? Tim peneliti setiap hari menghabiskan waktu membaca majalah, situs, novel, pidato dan surat kabar. Setiap kali mereka menemukan suatu kata baru, mereka mencatat kata itu berserta definisinya. Jika kata tersebut sering digunakan oleh banyak orang dan untuk waktu yang lama, kata tersebut akan dimuat dalam kamus versionline. Kali berikutnya mereka menerbitkan kamus edisi cetak, kata baru itu juga akan dimuat dalam kamus tersebut.
Kata-kata baru di dalam Collegiate Dictionary Merriam-Webster edisi 2005:
  • “Brain freeze” (kata benda): bila Anda makan es krim terlalu cepat hingga menyebabkan nyeri di kepala.
  • “SARS” (kata benda): suatu penyakit infeksi tenggorokan.
  • “Chick flick” (kata benda): film yang hanya disukai oleh kaum perempuan.
  • “Cybrarian” (kata benda): seseorang yang mencari, menyimpan dan mengarsip informasi yang ada di internet.
Bagaimana Anda mengikuti perkembangan?
Apakah Anda takut bila Anda tertinggal oleh perkembangan bahasa Inggris? Pertama, jangan khawatir – ada banyak aspek dari bahasa Inggris yang tidak berubah. Kedua, ingatlah tips berikut:
  • Buka telinga Anda: Dengarkan bahasa Inggris di sekitar Anda. Dengarkan radio berbahasa Inggris, tonton film berbahasa Inggris dan simak penutur asli berbicara.
  • Teruslah berbicara: Berbicaralah dengan orang lain! Semakin sering Anda berbicara, bahasa Inggris Anda akan terdengar semakin alami.
  • Bersikaplah terbuka terhadap perubahan: Jika Anda mendengar sesuatu yang baru, tanyakan kepada teman atau guru Anda. Jangan takut untuk menggunakan kata ataupun frasa baru!
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter