“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Motivasi Super Vocabulary Part 3

Pentingnya Praktik bercakap dalam bahasa inggris

Ada 4 keahlian kunci ketika Anda mempelajari sebuah bahasa, yaitu: listening, speaking, reading, dan writing. Yang mana diantara 4 keahlian ini yang memiliki keunikan dan berbeda dari yang lain? Jawabannya tentu speaking. Ketiga keahlian kunci lainnya bisa Anda lakukan sendiri, sesuau keinginan anda, tanpa memerlukan orang lain. Anda bisa mendengar radio sendiri. Anda bisa membaca buku sendiri. Anda bisa menulis surat sendiri. Tetapi Anda tidak bisa bercakap sendiri! Berbicara dengan diri sendiri bisa “berbahaya” karena Anda akan disangka orang gila
.
Itulah sebabnya mengapa Anda harus melakukan setiap upaya yang mungkin untuk mencari seseorang yang bisa diajak berbicara. Dimana Anda bisa menemukan orang-orang yang bisa bercakap Inggris dengan Anda? Dan bagaimana Anda bisa mempraktikkan bercakap saat Anda sendiri?

Di sekolah/kampus/tempat kursus
Khusus untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SMP atau SMA, sekolah merupakan tempat yang sangat baik untuk mempraktikkan bercakap bahasa Inggris, khususnya pada saat mata pelajaran bahasa Inggris, apakah dengan guru atau teman-teman yang lain. Begitu juga dengan Mahasiswa yang diajarkan bahasa Inggris. Ketika guru bertanya, manfaatkan peluang itu untuk menjawab. Cobalah untuk mengucapkan sebanyak mungkin. Jangan khawatir akan berbuat kesalahan. Just speak!

Conversation Clubs
Banyak kota di seluruh dunia yang memiliki conversation club dimana orang-orang bisa saling bertukar bahasa. Cobalah cari conversation club bahasa Inggris di sekitar Anda. Klub-klub semacam ini biasanya gratis walaupun mungkin ada beberapa yang mengenakan sedikit biaya masuk.

Tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing
Ada beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh turis asing. Jika ada tempat semacam ini di sekitar tempat tinggal Anda, cobalah berkunjung kesana sekali-kali dan cari turis asing untuk ditemani bercakap. Dalam hal ini Anda perlu mempelajari beberapa dialog ketika bertemu dengan seorang turis asing. Selain dapat praktik bercakap Anda juga akan mendengarkan langsung bagaimana para penutur asli berbahasa Inggris.

Bahasa itu ada dimana-mana
Kemanapun Anda pergi Anda akan menemukan bahasa. Nama-nama toko, nama-nama jalan, iklan, pengumuman di tempat-tempat umum dan lain-lain. Sekalipun di negara yang tidak berbahasa Inggris seringkali ada banyak kata-kata bahasa Inggris bisa bisa kita lihat saat berjalan di jalan, khususnya di kota-kota besar. Dan Anda akan selalu menemukan angka-angka seperti nomor plat mobil, nomor telepon, nomor rumah, etc… Bagaimana ini dapat membantu Anda? Saat Anda berjalan di jalanan, praktikkanlah membaca kata-kata dan bilangan-bilangan yang Anda lihat. Ucapkan untuk diri anda sendiri. Meskipun ini bukan percakapan, tetapi dapat membantu anda “berpikir” dalam bahasa Inggris. Contoh, jika Anda berjalan di sebuah tempat parkir mobil, ucapkanlah angka pada plat kenderaan dengan cepat saat Anda melewatinya. Uji diri Anda, untuk melihat seberapa cepat Anda bisa berjalan dan masih mampu mengucapkan masing-masing angka. Tetapi jangan mengucapkannya terlalu keras!

Lagu dan film
Dengarkan kata-kata dari lagu berbahasa Inggris yang Anda suka. Kemudian ulangi dengan memperdengarkan pada diri Anda sendiri dan coba untuk menyanyikan dengan musik. Ulangi kata-kata tersebut sebanyak mungkin sampai menjadi natural. Atau dengarkan salah satu aktor favorit anda di film dan ulangi satu atau dua kalimat yang anda suka. Lakukan sampai menjadi natural. Ini baik untuk memori dan untuk otot-otot mulut yang diperlukan untuk bahasa Inggris.
Yang paling penting, jangan takut berbicara. Anda harus mencoba berbicara, sekalipun Anda berbuat kesalahan. Anda tidak bisa belajar tanpa kesalahan. Ada yang mengatakan: “Orang yang tidak berbuat kesalahan tidak akan pernah menghasilkan apa-apa”. So, anggaplah kesalahan anda sebagai sesuatu yang positif dan bermanfaat.

Berbicaralah sebanyak mungkin! Lakukan sebanyak mungkin kesalahan! Ketika Anda tahu bahwa anda berbuat sebuah kesalahan, maka Anda tahu bahwa anda telah mencapai kemajuan
Dirja Wiharja
Jangan bosan jadi orang baik

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter