“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Bahasa Slang: Defenisi dan contohnya

Bahasa Slang dalam bahasa Inggris sudah sangat populer. Bahasa Slang yang lebih dikenal dengan bahasa Inggris gaul telah tersebar luas juga lewat internet. Oleh karena itu, tidak ada salahnya saya berbagi mengenai definisi dan berbagai contoh bahasa slang sehingga kita bisa menambah ilmu mengenai beberapa ragam bahasa.

Menurut Swan (2005: 526), 'Slang' is a very informal kind of vocabulary, used mostly in speech by people who know each other well. Dilihat dari definisi slang menurut Swan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa bahasa slang adalah jenis kosakta yang sangat informal, yang biasanya digunakan dalam percakapan oleh orang yang saling mengenal dengan baik. Jadi, jika kita menggunakan bahasa slang dengan orang bule yang tidak kita kenal, itu namanya kita sok akrab, :-)

Contoh Bahasa Slang Inggris

Can you lend me some cash?
He's a real prat.
Let's chill out.
My shoelace has bust.
Those boots are real cool.
How are the kids.

Vocabulary :

Cash : Money = Duit
Prat : Fool = Dungu
Chill out : Relax = Santai
Bust : Broken = Rusak
Cool : Fashionable = Keren
The kids : Children = anak-anak

Catatan : Slang expressions are not usually written, and not used in formal kinds of communication. (Ekspressi dalam bahasa slang tidak biasa ditulis, dan tidak digunakan pada jenis komunikasi formal.)

Bahasa Slang Berhubungan dengan Perasaan Yang Kuat.

Many English slang expressions relate to things that people feel strongly about (e.g. sex, family and emotional relationships, drink, drugs, conflict between social groups, work, physical and mental illness, death)

Banyak ungkapan slang berhubungan dengan kuatnya perasaan akan apa yang orang rasakan. (contoh: tentang sex, keluarga dan hubungan emosional, minuman, obat-obatan, konflik antar grup sosial, pekerjaan, sakit mental dan fisik, serta kematian)

Contoh :

She's got really nice tits.
I spent the weekend at my grand's 
God, we got smashed last night 
Can you get the sitrep to the MD by five.
I've got some sort of bug
He's lost his marbles.
When I kick the bucket, I want you all to have a big party.

Vocabulary :
Tits : breast = payudara
Grand's : grandmother = nenek
smashed : drunk = mabuk
Sitrep : situation report = laporan situasi
MD : Managing Director = Direktur
Bug : illness = rasa sakit
Lost one's marbles : gone mad = menjadi gila
Kick the bucket : die = mati

Many slang expressions (eg. cash, kids) are widely used. However, some slang expressions are only used by members of particular social and professional groups, and nearly all slang is used between people who know each other well or share the same background. So it is usually a mistake for 'outsiders' (including foreigners) to try deliberately to use slang.This can give the impression that they are claiming membership of a group that they do not belong to. There is also a danger that the slang may be out of date - some kinds of slang go out of fashion quickly, and when it gets into books and it may already dead. It is best for learners to avoid slang unless they are really sure of its use. If they start becoming accepted as part of an English-speaking community, they will learn to use community's slang naturally and correctly along with the rest of their language.

Catatan :

Banyak ungkapan bahasa slang (bahasa gaul) yang digunakan secara global seperti kids (bocah), cash (fulus). Namun, ungkapan bahasa slang ini hanya digunakan oleh beberapa anggota grup sosial atau profesional tertentu saja. Hampir semua ungkapan slang bahasa Inggris digunakan antara orang yang saling kenal dan orang yang saling berbagi latarbelakang sosial yang sama.

Jadi, salah besar bagi 'orang luar' termasuk orang asing yang mencoba menggunakan bahasa slang. Hal ini dapat menimbulkan impresi bahwa 'orang asing' tersebut sedang mengaku sebagai anggota komunitas yang ia tidak ikuti.

Lebih jauh lagi, ada bahaya jika slang yang digunakan sudah ketinggalan zaman - beberapa ungkapan bahasa slang cepat sekali berkembang, dan ketika bahasa slang tersebut dibukukan, mungkin ungkapan slang tersebut sudah tidak laku lagi.

Baiknya, sebagai seorang siswa, kalian harus menghindari penggunaan bahasa slang kecuali jika kalian sangat yakin akan penggunaannya. Jika kalian diterima sebagai anggota komunitas berbahasa Inggris, kalian akan mempelajari bahasa slang secara natural dan benar.


Referensi :


Swan, Michael. 2005. Practical English Usage. 3rd Edition. Oxford University Press
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter