“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Can - Able to

Can dan able to mempunyai arti yang sama, yaitu "dapat", "bisa" atau "mampu". Walaupun sama, keduanya berbeda dalam hal penggunaannya. Kedua kata ini acapkali salah digunakan. Banyak orang menganggap bahwa semua can dapat digantikan dengan "able to", padahal tidak. Silahkan ikuti penjelasan di bawah ini:

Can

Can digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang itu mampu melakukan sesuatu dan dia mempunyai kewenangan untuk melakukannya.
Contoh:
  • Andy can start the engine.
    (Andy mampu menghidupkan mesin itu dan dia punya wewenang untuk melakukannya)
  • My Manager can cancel the meeting.
    (Manager saya bisa menundal rapat itu)

Able to

Able to digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang itu mampu melakukan sesuatu, namun dia tidak mempunyai wewenang untuk melakukannya.
Contoh:
  • Andy is able to start the engine, but he can't.
    (Andy mampu menghidupkan mesin itu, namun dia tidak punya kewenangan sedtikitpun untuk melakukannya)
  • A staff is able to cancel a meeting.
    (Seorang staff bisa saja menunda sebuah rapat)
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter