“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Within vs Inside

Kata-kata yang membingungkan dalam bahasa Inggris (confusing words) selalu menarik untuk dibahas karena walaupun umumnya dianggap sama dan saling menggantikan, ada perbedaan diantara kata-kata tersebut. Kali ini tentang kata “within” dan “inside“. Kedua kata ini bisa diartikan sebagai “dalam/di dalam” dan merupakan lawan dari kata “outside“. Akan tetapi, meskipun bisa saling menggantikan pada beberapa konteks (“inside the box” sama saja dengan “within the box”"), keduanya tidak sepenuhnya saling menggantikan (interchangeable).

Inside adalah kata yang lebih umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari sedangkan within memiliki kelas yang sedikit lebih tinggi dan bisa dianggap lebih puitik. Inside sering digunakan apabila kita berbicara tentang hubungan spasial (tempat) yang konkret misalnya inside the box, inside the house, inside the building, sedangkan within lebih sering digunakan untuk lokasi yang lebih abstrak misalnya within the law, within the medical profession, within the arts, within the soul, within my heart. Apabila kita berbicara masalah waktu maka “inside” dan “within” sama sekali tidak saling menggantikan. Contoh:
  • You need to complete it within three hours (benar)
  • You need to complete it inside two hours (tidak benar)
Pada situasi dimana “inside” dan “within” saling menggantikan, yang dipilih bisa ditentukan oleh konteksnya, apakah formal atau kurang formal. “Within” lebih formal dibanding “inside”. Selain itu, “within” juga bisa berarti “tidak lebih dari”:
  • These cakes should be eaten within 3 months.
(Info gathered from: ecenglish, englishforum)
Source: http://letspeakenglish.info/2011/05/08/perbedaan-within-dan-inside/
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter