“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Tips Menghindari Diam dalam Speaking

Terkadang anda tidak tahu apa yang harus diucapkan dalam sebuah percakapan. Mungkin anda tidak tahu kosa kata untuk mengekspresikan diri anda, atau anda belum memahami apa yang dikatakan orang lain. Atau mungkin anda kehabisan kata untuk dikatakan! Pada semua situasi ini penting untuk menghindari diam supaya pembicaraan nyambung terus. Berikut beberapa kata dan ungkapan untuk digunakan.

Saat anda tidak mengerti
‘Sorry, could you repeat that?’
‘Sorry, I don’t understand.’
‘Sorry? I didn’t get that.’

Mencoba mencari kata untuk mengungkapkan sesuatu
Di saat anda butuh waktu untuk menemukan kata yang tepat tetapi anda tidak ingin diam, maka anda bisa menggunakan penyambung-penyambung seperti:
‘Well…’
‘OK…’
‘So…’

Bahkan anda bisa sekadar bergumam seperti:
‘Hmmm…’
‘Uh-huh’
‘Umm…’

Setuju dengan orang lain
Ketika anda ingin menunjukkan bahwa anda setuju, tetapi anda tidak punya sesuatu untuk dikatakan. Cukup ucapkan:
‘Yeah.’
‘Right.’

Untuk mengganti topik pembicaraan
Saat anda telah mengeluarkan semua opini, dan kemudian anda ingin membicarakan sesuatu yang lain, anda bsia menggunakan ungkapan-ungkapan berikut:
‘Anyway,…’
‘So, back to…’
‘Well, as I was saying…’
‘So, we were saying…’

(adapted: english-at-home)
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter