“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Perbedaan Sometime, Some time dan Sometimes

Kapan menggunakan sometime dan kapan menggunakan sometimes
Mungkin banyak yang tidak terlalu memperhatikan hal ini saat menggunakan kata-kata ini. B
erikut kita akan membahas perbedaan ketiga kata ini.

Sometime berarti “pada waktu tidak tentu atau pada waktu yang tidak dinyatakan di masa yang akan datang.”
Contoh:
  • Why don’t you visit me sometime?” (Pada kalimat ini “you” diminta mengunjungi si pembicara di masa yang akan datang yang tidak ditentukan waktunya)
  • Let’s have dinner sometime. (Pada kalimat ini si pembicara mengajak makan malam bersama di masa yang akan datang yang tidak dinyatakan waktunya).
Sometimes berarti “berarti kadang-kadang di masa sekarang dan akan datang.”
Contoh:
  • Sometimes I don’t feel like talking to girls. (Pada kalimat ini si pembicara terkadang merasa tidak suka bicara dengan gadis-gadis baik sekarang maupun di waktu yang akan datang)
  • I sometimes wonder why she never feel happy. (Pada kalimat ini si pembicara terkadang berpikir baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang mengapa temannya tidak pernah merasa bahagia)
Some time berarti “sebuah periode waktu”
Contoh:
  • We spent some time in the cave
  • It took me some time to do this exercise
Notes:
Dalam percakapan sehari-hari kita bisa menerjemahkan
Sometime = kapan-kapan
Sometimes = kadang-kadang

Untuk latihan klik disini.
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter