“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Perbedaan Listen dan Hear

Banyak orang yang menggunakan listen dan hear secara bergantian. Akan tetapi, terdapat perbedaan penting diantara keduanya. Listening menunjukkan sebuah aktivitas yang disengaja (intentional). Jika digunakan listening, berarti anda secara aktif mencoba untuk mendengar sesuatu.

Berbeda dengan itu, hearing adalah sesuatu yang terjadi tanpa ada upaya untuk sengaja melakukannya. Anda bisa mendengar (hear) sesuatu bahkan ketika anda tidak ingin mendengarnya dan tidak mencoba untuk mendengarnya.

Kalimat-kalimat berikut mengandung kata listen dan hear dan menunjukkan perbedaannya:
  • I listened outside the wall, but I couldn’t hear what you were saying inside. (Perhatikan bahwa bahkan jika anda mendengarkan (listen), anda tidak selamanya mendengar (hear) apa yang anda coba untuk dengarkan).
  • Her story was so long and boring so I stopped listening, until suddenly I heard a strange name. (Perhatikan bahwa bahkan jika anda tidak sedang mencoba mendengarkan (listening), anda bisa mendengar (hear) sesuatu).
Listen sering digunakan bersama to.
Pada contoh-contoh berikut, listen atau listen to tidak bisa digantikan oleh hear:
  • What kind of song do you listen to?
  • He does all the talking, I just sit and listen
  • You haven’t listened to words I’ve said
  • Listen, we really need to finish this work this month
Demikian juga, pada contoh-contoh berikut, hear tidak bisa digantikan oleh listen karena hear menjelaskan sesuatu yang tidak bisa dikontrol.
  • He heard a noise outside
  • My grandmother is getting old and can not hear very well
  • You’ll have to speak loudly, I can not hear you
Akan tetapi, ada beberapa situasi dimana hear digunakan dengan makna yang sangat mirip dengan listen to. Pada contoh-contoh berikut, listen to bisa menggantikan hear.
  • I heard a very interesting programme on the radio this evening
  • I heard the orchestra play at Town Hall last winter
  • Audience gathered to hear her speak
Mengapa hear lebih dipilih ketimbang listen pada contoh-contoh ini? Mungkin karena penekanan pada masing-masing kasus adalah pada kandungan dari apa yang didengar bukan tentang aktivitas mendengarkan.

Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter