“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Mencoba Meniru Logat Orang Inggris

Logat yang kita pakai saat berbahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh bunyi dan intonasi bahasa asli kita. Banyak orang mengatakan bahwa logat itu tidak penting. Akan tetapi, pada beberapa situasi (misalnya jika Anda bekerja di call center, atau berkomunikasi dengan kolega atau klien berbahasa Inggris) Anda mungkin perlu mengurangi logat bahasa asli agar bahasa Inggris anda lebih mudah dipahami.

Faktor yang paling membedakan dari sebuah logat (yakni bagian-bagian sebuah logat yang menandakan ciri khas daerah atau negara) adalah dalam hal pronunciation atau pelafalan masing-masing bunyi, dan dalam hal intonasi atau penekanan (dimana suara anda naik atau turun).

Logat British
Bahkan di Inggris sendiri ada banyak logat. Dua diantaranya yang paling terkenal (yang kemungkinan paling sering kita dengar) adalah Received Pronunciation (logat resmi, yang juga dikenal sebagai “Queen’s English”) dan logat dari sekitar tenggara Inggris.

Ciri-ciri khusus kedua logat ini adalah:
- bunyi /r/ tidak dilafalkan pada akhir suku kata (walaupun dilafalkan jika diikuti bunyi vokal)
fire /faiə/ (r tidak dilafalkan)
firing /fairing/ (r dilafalkan)
- bunyi /a pada kata-kata seperti bath, grass, fast etc adalah bunyi a panjang (sama seperti pada “art”).
Logat RP / Home Counties (area di sekitar London) bisa didengar di tempat-tempat elit, sedangkan logat London tradisional (Cockney) mempengaruhi bagaimana bahasa Inggris digunakan pada area-area yang kurang elit. Logat ini sering disebut “Estuary English” dan beberapa ciri utamanya adalah:
- glottal stop (dimana /t/ diapit huruf vokal) tidak dilafalkan
contoh: bottle menjadi /boəl/
- bunyi “th” dilafalkan sebagai “f” atau “v”

Meminimalisir Logat Asli
Perlu diingat bahwa logat asli tidak bisa dihilangkan seluruhnya. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk meminimalisirnya:
- Kenali bunyi (vowel / konsonan) atau pola-pola tekanan dan intonasi yang berbeda dari logat Inggris asli.
- Pelajari pola-pola tekanan dan intonasi ini. Anda mungkin perlu mengulang-ulang cara Anda melafalkan bunyi-bunyi (misalnya bagaimana menggerakkan lidah/bibir untuk melafalkan bunyi /t/ atau /b/ secara lebih baik).
- Latihan sebanyak mungkin. Listening dan speaking reguler akan membantu anda mengenali wilayah-wilayah dimana logat anda sangat berbeda dari penutur asli bahasa Inggris, sedangkan sering melakukan percakapan akan memungkinkan anda mempraktikkan langsung apa yang telah Anda pelajari.

Tips-Tips Pronunciation
1. Bagi penutur asli bahasa Inggris, salah satu tanda terbesar dari non-penutur asli adalah intonasi. Perhatikan dimana suara anda naik dan turun.
2. Salah menempatkan penekanan kata lebih besar kemungkinannya menyebabkan kesalahan interpretasi (dibanding jika anda salah melafalkan bunyi). Ketika anda belajar kata-kata baru, jangan lupa untuk mencari juga suku kata yang ditekan pada kata tersebut 


(adapted: english-at-home).
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter