“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Practice Makes Perfect

Ada pepatah dalam bahasa Inggris, “Practice makes perfect” yang juga bisa diartikan semakin banyak anda berlatih, semakin besar pula rasa percaya diri anda. Dalam belajar bahasa Inggris, anda juga harus sering berlatih supaya anda percaya diri dalam berbahasa Inggris.
Kita tahu bahwa kemampuan berbahasa adalah keahlian/skill, bukan sekedar pengetahuan/knowledge. Karenanya, anda harus mempraktekkan bahasa Inggris anda. Ada empat  keahlian yang harus dilatih:

Listening
– Jika anda tidak mengerti apa yang orang lain katakan, anda tidak bisa bercakap-cakap dengannya.
Reading – Jika anda tidak membaca tulisan yang agak panjang, anda kehilangan peluang untuk menambah kosa kata baru.
Speaking – Jika anda tidak pernah mencoba berbicara, anda tidak akan pernah fasih dalam berbicara.
Writing – Jika anda tidak menulis, anda akan kesulitan menjelaskan sesuatu secara terperinci.
Inilah yang perlu anda pertimbangkan:

1. Ikuti Naluri Anda
Belajarlah dari anak-anak, mereka belajar bahasa untuk mengerti secara garis besarnya, bukan per detail. Misal anda membaca satu kalimat dan ada banyak kosa kata yang anda tidak mengerti, bersabarlah, tangkaplah maksud dari kalimat tersebut tanpa harus memaksa diri anda memahami arti setiap kata di kalimat itu. Yang penting anda mengerti maksudnya tanpa harus mengetahui detailnya.
2. Katakan saja
Saat anda bicara atau menulis, gunakan kata-kata yang sederhana yang menggambarkan apa yang ingin anda katakan. Hindari kata-kata yang sulit sehingga anda harus memutar otak mengingat kata apa yang harusnya anda katakan. Cari saja padanan kata yang lebih mudah yang dapat anda katakan. Anda dapat mengatakan hal yang sama dalam banyak cara berbeda.
3. Bersahabatlah dengan Grammar
Apa fungsi bahasa? Tentunya untuk berkomunikasi, bukan untuk menyesuaikan dengan grammar. Ekspresikan pikiran anda dengan kata-kata yang mudah dimengerti, jangan takut melakukan kesalahan, PeDe aja lagi! Semakin pede anda, semakin besar peluang teman bicara anda memahami anda.
4. Pronunciation adalah teman semua orang
Pronunciation itu penting, jika anda salah mengucapkan pronounciation dalam percakapan, akan sulit rasanya memahami apa yang ada katakan. Cara mengetahui pronunciation yang benar dan standar adalah dengan sering-sering mendengarkan audio file conversation dalam bahasa Inggris.

Oke, selamat berlatih..
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter