“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Ngomong Bahasa Inggris Ala "Orang Gila"

Ngomong Bahasa Inggris dengan lancar merupakan dambaan setiap orang, mungkin termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini. INGAT, Bahasa digunakan untuk berkomunikasi dan komunikasi yang baik bukanlah bahasa yang menggunakan tata bahasa yang baik dan benar (walaupun hal ini perlu) melainkan yang paling penting adalah jika Komunikan (Orang yang kita ajak bicara) mengerti apa yang disampaikan oleh Komunikator (Orang yang menyampaikan informasi).

JANGAN LANJUTKAN MEMBACA JIKA ANDA MERASA SUDAH CUKUP WARAS

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa ngomong lancar? Ada 1 cara gila yang mungkin Anda dapat praktekkan di rumah. Ini adalah pengalaman pribadi saya. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Kuatkan kemauan Anda untuk bisa berhasil.
  2. Yakinkan tidak ada orang lain di sekitar Anda, sebab kalau ada, maka Anda betul-betul akan dianggap sebagai orang gila.
  3. Pilih 1 topik yang Anda kuasai, misalnya kegiatan sehari-hari, keluarga Anda, pekerjaan sehari-hari, dll yang apabila Anda ucapkan dalam Bahasa Indonesia, Anda tidak perlu berfikir panjang untuk berbicara.
  4. Anggap saja Anda sedang berdiri dan dimintakan untuk menceritakan topik di atas di depan para mahasiswa Oxford University atau Harvard University, yang notabene pada jago ngomong bahasa Inggris.
  5. Anggap saja Anda memang jago berbahasa. Ucapkan sesuka hati Anda.
  6. Lakukan berulang-ulang dengan topik yang sama.
  7. Apabila Anda yakin Anda sudah dapat berbicara lancar, ganti topiknya.
Semoga bermanfaat
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter