“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Tehnik Pengajaran Vocabulary

Pada dasarnya pengajaran kosa kata bahasa Inggris didasarkan pada teknik pengajaran bentuk dan arti dari kosa kata tersebut. Hal ini dapat disimpulkan seperti tabel yang saya adaptasi dari Nation (1974-18-21) dibawah ini:
         Teaching the form of a word
      Teaching the meaning of a word
Visually
· By showing the written form of the word
· By showing the movements involved in saying the word
· By showing hand movement s that draw the letters of the word in the air
· By showing wooden or plastic letters that spell the word
Demonstration
· By showing an object or a cutout figure
· By gestures
· By performing an action
Tactilely
· By using letters made of wood, cardboard, sandpaper, and so on, so the learners can feel the shapes of the letters that make up the word
· By using the system of writing like Braille (the writing for the blind)
· By writing the word, letter by letter, on the learner’s hand
Pictures
· By using photographs, blackboard drawings, illustration cut from magazines or newspapers
Aurally
· By saying the word
· By producing the word in morse code or some other aural code
Explanation
· By description
· By giving synonyms or opposites
· By putting the word into a defining context
· By translating


Dari tabel diatas, kita dapat memahami bahwa ada dua teknik pengajaran vocabulary.
1.      Teknik pengajaran bentuk kosakata.
Dalam mengajarkan bentuk kosakata, setidaknya ada tiga cara:
a.       Secara Visual
Mengajarkan vocabulary secara visual ini dapat dilakukan dengan menunjukkan bentuk tulisan dari kata tersebut, menunjukkan gerakkan yang berkenaan dengan kata yang disebutkan, dengan menggerakkan tangan diudara sembari menuliskan huruf-huruf, ataupun dengan menunjukkan huruf-huruf yang terbuat dari kayu atau plastik untuk dieja.
b.      Dengan Sentuhan
Mengajarkan vocabulary dengan sentuhan (tactilely) dapat dilakukan dengan menggunakan huruf-huruf yang terbuat dari kayu, kertas pasir, dan lain-lain, sehingga siswa bisa merasakan bentuk huruf yang tersusun menjadi kata-kata. Selain itu juga bisa menggunakan sistem penulisan bagi orang buta seperti braile, ataupun dengan menuliskan kata huruf demi huruf diatas tangan siswa.
c.       Dengan oral
Mengajarkan vocabulary secara oral bisa dipraktikkan seperti dengan mengucapkan kata ataupun bentuk oral lainnya.
2.      Teknik pengajaran makna kosakata
Dalam mempraktikkan teknik inipun setidaknya ada tiga teknik yang bisa dijadikan acuan:
a.       Demonstrasi
Teknik ini bisa dilakukan dengan menunjukkan sebuah benda.
b.      Gambar
Teknik ini bisa dilakukan dengan foto, menggambar sesuatu diatas papan tulis, ataupun ilustrasi dari Koran dan majalah.
c.       Penjelasan
Teknik ini bisa dipraktekkan dengan menjelaskan sinonim ataupun antonim kata, mendefinisikannya, ataupun menerjemahkannya.
Demikianlah keterangan singkat tentang bagaimana mengajarkan kosa kata Bahasa Inggris, semoga saja bermanfaat.

Reference
Nation, I.S.P (1974). Techniques for Teaching Vocabulary. English Teaching Forum, 12,3:18-21

Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter