“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Kunci Memperbanyak Kosakata

Bagi pembelajar Bahasa Inggris, ada satu aktivitas yang seharusnya tidak boleh ditinggalkan apalagi dibenci.

Apa itu?

Reading, alias membaca.

Ya! Membaca!

Membaca apa saja dalam bahasa Inggris. Pilih bacaan yang paling mudah dan paling anda suka. Dan lakukan itu secara rutin.

Manfaatnya?

Dengan berlatih banyak membaca, maka secara tidak langsung maka anda akan menambah perbendaharaan kosakata alias vocabulary yang ada punyai. Dan dari pengalaman, mengfalkan vocabulari dengan membaca memiliki banyak keuntungan:

  1. Anda akan tahu pemakaian sebuah kata secara kontekstual. Misalnya kata PUT, bisa berarti berbeda tergantung konteksnya dan tergantung kata depan yang mengikutinya. Jadi beda antara PUT ON, PUT OFF,  PUT IN dan seterusnya. Nah dengan membaca maka anda akan tahu bagaiamana menggunakan kata kata tersebut secara kontekstual. Makanya kalau sedang membaca siapkan kamus, atau kalau anda mau agak canggih, tanami hape anda dengan Google Translate. Mudah, murah dan bisa dibawa kemana aja.
  2. Anda akan menghafal banyak kosakata dengan tanpa anda sadari. Makanya saran yang paling tepat dalam memilih bacaan adalah, cari yang paling mudah dan anda sukai. Kalo anda suka tentang desan grafis, cari materi-materi turorial desain grafis di internet. Kalo anda suka berkebun cari artikel tentang cara berkebun yang baik di internet. Dan sekali lagi manfaatkan google translate ketika menemui kata atau kalimat yang  tidak anda pahami. TAPI JANGAN gunakan Google Translate untuk menerjemahkan semua materi yang anda dapatkan
  3. Anda tidak perlu menghafal, sehari 5 kosa kata dan seterusnya, karena kalau anda melakukannnya. Hari ini anda hafal 5 kosa kata, besok anda menghafal lagi 5 kosa kata, tetapi yang hari ini LUPA, jadi selama 30 hari anda CUMA hapal 5 kosakata saja!

Nah itulah sekilas mengapa Reading itu penting bagi pembelajar bahasa inggris?

Anda mau coba?


Referensi Klik Disini
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter