“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

Kinds Of Vocabulary

Jenis-jenis Kosakata

Kini saatnya kembali membahas vocabulary.. sebelumnya seperti biasa kita berandai-andai dahulu jika saja ada seorang mahasiswa yang menulis sebuah skripsi tentang vocabulary lalu menjelaskan bahwa jenis-jenis vocabulary itu sama halnya dengan parts of speech seperti noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction dan interjection, maka jangan pernah menganggap bahwa mahasiswa tersebut pintar dalam mencari referensi. Jika saja jenis-jenis vocabulary hanya sebatas parts of speech seperti itu, kita mungkin akan lebih banyak berkutat mempelajari verb dan noun saja, karena hanya kedua  jenis parts of speech itu sajalah yang banyak mengisi (mempertebal) kamus-kamus bahasa Inggris di dunia. Lalu apa saja sih jenis-jenis vocabulary itu, lebih banyak dari parts of speech kah atau malah lebih sedikit. Berikut saya coba menjabarkan sedikit tentang jenis-jenis vocabulary tersebut menurut Thornbury (2002:3-12), beliau menjelaskan bahwa setidaknya ada 6 jenis vocabulary, lebih sedikit dari parts of speech dong, giliran belajar sedikit senangnya bukan main apalagi kalau dosennya tidak masuk, mahasiswa zaman sekarang, tapi jangan senang dulu, lihat ini dia jenis-jenis vocabulary yang Thornbury maksudkan:
  1. Word Classes.
  2. Word Families
  3. Word Formation
  4. Multi-word Units
  5. Collocations
  6. Homonyms
Pertamaword classes, istilah ini mungkin lebih dikenal dalam bidang morphology dan syntax, namun jika sobat-sobit lebih mengenal bahasa Inggris karena sulitnya grammar, istilah tersebut tentu well-known dengan nama parts of speech (nah lo itu lagi), bisa noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction. Pembahasan tentang Parts of Speech lebih banyak diterangkan di buku-buku grammar.

Kedua, sama seperti istilah word classes, word families juga lebih tenar dalam bidang morphology dan syntax, jenis vocabulary yang satu ini membahas tentang imbuhan atau pergeseran bentuk sebuah kata. Contoh:
  • play - plays - played : inflected
  • play - replay - playful : derivatives
 Ketigaword formation; dalam bahasa Inggris ada beberapa jenis formasi atau bentuk gabungan kata seperti:
  • Compounding: second-hand, word processor, typewriter
  • Blending: information + entertainment = infotainment
  • Conversion: I always google every information I need. Kata google sebenarnya noun tapi diubah menjadi kata kerja.
  • Clipping: electronic mail = email, influenza = flu
Keempatmulti-word units; kebanyakan jenis vocabulary yang satu ini berbentuk phrasal verbs dan idioms, contoh:
  • Look for, look after, wipe off, throw on: Phrasal Verbs
  • Famous last word, eat your words, jack me around: Idioms

Kelimacollocations; jenis vocabulary yang satu ini dapat diartikan sebagai seringnya dua kata atau lebih bersama-sama (pasangan serasi dong). Contoh: this week, once more, once again, as well.

Keenam, homonyms; homonyms adalah kata-kata yang memiliki bentuk yang sama tapi berbeda dalam makna. Contoh: well = sumur, baik, sehat. left = kiri, berangkat. Jenis yang berbeda seperti homophones; bunyi sama, makna beda danhomograph; tulisan sama makna beda termasuk jenis yang satu ini.

Dah dulu ah, kapan-kapan dilanjut lagi.

Referensi:

Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. Pearson Education Limited.
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter