“Nations have recently been led to borrow billions for war; no nation has ever borrowed largely for education. Probably, no nation is rich enough to pay for both war and civilization. We must make our choice; we cannot have both. ~Abraham Flexner"
“Education is not just about going to school and getting a degree. It’s about widening your knowledge and absorbing the truth about life. – Shakuntala Devi

Ads 720 x 90

It's About Over Learning

Pemirsa Super Vocabulary yang saya hormati, kali ini saya ingin sharing tentang satu istilah yaitu OVER LEARNING.

Over learning bisa dijelaskan sebagai berikut, kita semua tentunya sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti naik sepeda, berenang, membaca, menulis. Untuk bisa melakukan hal-hal tersebut tentunya semuanya dimulai dengan kegiatan BELAJAR. Pernahkah anda renungkan tentang kemampuan yang anda miliki itu? Misalnya anda belajar naik sepeda umur 5 tahun, dan ketika berumur 8 tahun bisa dibilang anda sudah ahli naik sepeda. Kemudian pada umur 8 tahun anda berhenti naik sepeda dan tidak pernah naik sepeda lagi hingga berumur 11 tahun. Apa yang terjadi....? anda tetap bisa naik sepeda...! Demikian juga dengan membaca dan menulis. Pertama kali belajar membaca anda tentunya terpatah-patah unutk mengeja setiap huruf dan suku kata. Tetapi sekarang, membaca bisa anda lakukan secara otomatis, bahkan tanpa berpikir tentang huruf, dan sekalipun anda berhenti membaca selama 1 tahun, anda tidak perlu mengulang kembali dasar-dasar membaca.

Keadaan seperti ini disebut dengan keadaan over learning, anda sudah melampaui kurva belajar, sehingga apa yang anda pelajari sudah seperti bagian dari diri anda sendiri. Keadaan ini bisa dicapai karena adanya repetisi (pengulangan) hingga ribuan kali, sehingga seseorang melampaui kurva belajarnya. Dasar dari mempelajari sesuatu adalah pengulangan/repetisi!

Demikian juga dengan belajar bahasa Inggris, jika anda memaksakan diri untuk menggunakan setiap kata yang anda miliki dengan pengulangan yang tak terhingga (digunakan dalam pembicaraan) maka suatu saat Bahasa ini juga akan manjadi bagian dari diri anda. Anda bisa berbicara tanpa harus berpikir lagi. Jadi jangan khawatir jika anda masih terpatah-patah dalam berbicara, bayi juga begitu, lakukan terus latihan pribadi dan kelompok, dan capailah kondisi OVER LEARNING. Selamat belajar!!

Semoga bermanfaat
Dirja Wiharja
Aku adalah seorang murid dari guru yang bernama penderitaan, seorang mahasiswa dari dosen yang bernama kesederhanaan, seorang santri dari kyai yang bernama kesejatian, seorang salik dari mursyid yang bernama kesunyian .. terang dalam kegelapan kaya dalam kemiskinan ...

Related Posts

Posting Komentar

There is a candle in your heart, ready to be kindled. There is a void in your soul, ready to be filled. You feel it, don’t you? (Rumi)
Subscribe Our Newsletter